Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

Jumat (26/06/2020) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan agenda rutin yang dilakukan di Desa Sokawera setiap satu bulan sekali oleh para Ibu-Ibu Kader Desa Sokawera. Desa Sokawera sendiri terbagi menjadi 3 wilayah kadus. Namum, di wilayah Kadus 2 merupakan penyumbang kasus Demam Berdarah tersering di Sokawera. Oleh karena itu, pada kegiatan PSN bulan Juni 2020 ini, dikhususkan di wilayah Kadus 2, dan ternyata dari hasil PSN menemukan cukup banyak genangan air yang positif terdapat nyamuk penyebab Demam Berdarah. Menurut Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih. Bentuk kegiatan PSN di Desa Sokawera salah satunya adalah dengan melakukan PSN 3M Plus. Diantaranya adalah :

  1. Menguras. Menguras tempat yang sering menjadi penampungan air dan tempat air menggenang seperti bak mandi, kendi, toren air, drum bekas, ember dan tempat penampungan lainnya. Jika terdapat jentik-jentik nyamuk di dalam tempat penampungan tersebut diharapkan untuk langsung dikuras.
  2. Menutup rapat tempat penampungan air dan mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak berpotensi menjadi sarang nyamuk.
  3. Memanfaatkan kembali limbah barang bekas untuk didaur ulang agar tidak berserakan dan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Dengan diadakannya kegiatan PSN ini, diharapkan kasus Demam Berdarah di Desa Sokawera dapat berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *