Pertemuan PKK dan Rakor Kader POSYANDU di Era New Normal

Untuk menindaklanjuti Program TP PKK Desa, Pengurus PKK harus ikut turun ke pertemuan tingkat PKK RT setelah beberapa bulan vakum karena adanya pandemi COVID-19.

Di era New Normal ini, Pengurus siap untuk menyampaikan program kerja dan kegiatan yang tertunda yang sudah direncakan, antara lain :

Pokja 1 : kegiatan pengajian dan keagamaan mulai dijalankan

Pokja 2 : ketrampilan dirumah dengan memanfaatkan barang bekas yg bisa menjadikan uang untuk memperoleh pendapatan di tengah pandemi covid 19

Pokja 3 : pemanfatan tanah pekarangan ditingkatkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga tanpa membeli

pokja 4 : pelaksanaan posyandu balita , posyandu lansia  dan posbindu dilaksanakan kembali setelah 3 bulan istirahat.

Selain itu, Pengurus PKK bersama para Kader Desa Sokawera senantiasa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tetep melaksanakan PSN dan PHBS untuk mencegah DBD dan Corona.

Pelaksanaan posyandu di era new normal dimana para kader
tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan APD, sarung tangan dan masker. Posyandu akan dilaksanakan mulai tanggal 8 juli sampai dengan 13 juli dari posyandu 1 sampai dengan 5. berikut protokol kesehatan yang harus dilaksanakan antara lain :

1.Kader bayi balita harus dalam kondisi sehat

2.Menggunakan masker baik balita dan pengantar

3.Cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

4.Jaga jarak dan hindari kerumunan

5.Membawa sarung sendiri

Pelaksanaan posyandu lansia dan Posbindu bertujuan untuk deteksi dini penyakit pada orang tua. Sebelum adanya Covid-19, kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali, namun sudah 3 bulan terakhir absen sementara sejak diberlakukannya lockdown. Kegiatan ini akan kembali diaktifkan mulai tanggal 16 Juli sampai dengan 20 Juli 2020 dengan masih harus memperhatikan protokol kesehatan.

1.kader dan peserta dalam keadaan tidak batuk pilek dan demam

2.kader menggunakan APD lengkap (hasmat,sarung tangan dan masker)

3.Pengunjung wajib menggunakan masker

4.wajib cuci tangan

5.tetap jaga jarak atau physical distancing

Jadwal PSN bulan Juli tanggal 24 hari jumat di wilayah kadus satu dengan melibatkan masyarakat,kader,tokoh masyarakat dan perangkat desa

Pendampingan wali ibu hamil baik yang tidak berisiko dan berisko untuk teratur memeriksakan kehamilanya dan memantau ibu hamil dalam minum tablet tambah darah. Pelaksanaan imunisasi pada hari selasa tanggal 14 Juli 2020 di PKD dengan ketentuaan dan tetep memperhatikan protocol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *